hari gini masih pake bajakan?

Kita perhatikan, teman-teman kita yang terjun dalam aktivitas dakwah sering mengunakan komputer untuk memutar file mp3 berupa murottal Al-Qur’an, ceramah agama, ceramah masyaikh, mengetik kepentingan masjid, dan ain-lain. Namun banyak sekali komputer yang dipakai adalah menggunakan sistem operasi bajakan. Apakah dibenarkan kita menggunakan sistem operasi tanpa membayar lisensi?
Mungkin ada yang tidak tahu bahwa sebenarnya komputer yang dibeli itu OS nya asli atau tidak. Bahkan tidak tahu tentang OS. Yang diketahui bahwa komputer yang dibeli berarti sudah jadi milik sendiri. Nah yang seperti ini berarti perlu banyak membaca dan perlu diberi informasi.
Ada juga yang tahu, tapi tidak tahu ada sistem pengganti yang legal dan murah. Jadi tetap asyik saja dengan sistem bajakan.
Akan tetapi, terlepas dari itu semua, saya pikir kita memang tidak boleh mengambil milik orang lain tanpa keridhoannya. Artinya bila kita tidak membayar lisensi, kita telah mengambil milik orang lain, walaupun itu nonmuslim.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: